Tulisan ini akan bersambung
terdiri dari beberapa bagian, dan akan saya mulai dengan bagian Mengenal Segmen
Pasar.
Sebelum
mendirikan usaha minimarket mandiri sangat penting dilakukan survei untuk
mengenal segmen pasar. Ada baiknya anda melakukan riset sederhana mengenai
demografi penduduk sekitar calon lokasi yang akan anda pilih untuk memulai
bisnis ini. Anda bisa menggunakan data sekunder misalnya dengan mengunjungi
website resmi pemerintah daerah setempat dan kemudian juga tidak ada salahnya
anda langsung survei lokasi. Diharapkan dari hasil riset sederhana yang anda
lakukan ini, akan diperoleh data-data mengenai kelompok usia penduduk yang ada
di sekitar lokasi, tingkat pendidikan mereka, yang kemudian akan bisa digunakan
untuk memperkirakan tingkat penghasilan dan kebutuhan penduduk di sekitar calon
lokasi.
Riset
sederhana yang lainnya yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah memahami
kompetitor yang ada di sekitar calon lokasi. Coba lakukan pendataan berapa
banyak warung dan atau toko yang masih dikelola secara tradisional yang ada
disana, dan juga berapa banyak minimarket modern yang ada disitu. Seberapa
padat penyebaran warung, toko, atau minimarket-minimarket tadi. Kemudian tidak
ada salahnya untuk mengunjungi satu per satu, misal dengan berbelanja, untuk
sekedar melakukan survei barang-barang apa saja yang disediakan, seberapa
lengkap, berapa harganya dan bagaimana pelayanan mereka kepada konsumen.
Data-data
ini penting, karena akan membantu kita untuk menyiapkan blue plan atau rencana
apa yang akan kita lakukan dengan minimarket kita nantinya; barang-barang apa
saja yang nanti akan disediakan, bagaimana pelayanan yang akan diberikan untuk
memenuhi kebutuhan konsumen, kelengkapan dan ketersediaan barang, kemudahan
pelanggan mendapatkan barang yang dicari, antisipasi tingkat persaingan dengan
kompetitor sejenis, program-program promosi yang akan kita tawarkan. Apakah
konsep minimarket yang akan didirikan hanya menyediakan minuman dan makanan
siap saji, ataukah sebagai minimarket yang juga menyediakan bahan mentah sembako
dan barang-barang yang terkait lainnya, berapa waktu atau jam operasi
minimarket tersebut, 24 jam sehari, 10 jam sehari, apakah minimarket melayani
sistem delivery, dan lain sebagainya.
Mengenal
segmen pasar sangatlah penting untuk dilakukan pertama kali sebelum kita
melangkah ke step berikutnya. Ikuti terus kelanjutan tulisan mengenai
langkah-langkah mendirikan dan menjalankan usaha minimarket mandiri di blog
ini.
UNTUK EDISI SELANJUT NYA SILAHKAN KLIK LINK INI:http://librayoffice.blogspot.co.id/2016/01/cara-memulai-mendirikan-sebuah.html
UNTUK EDISI SELANJUT NYA SILAHKAN KLIK LINK INI:http://librayoffice.blogspot.co.id/2016/01/cara-memulai-mendirikan-sebuah.html
0 comments:
Post a Comment