Wednesday 2 March 2016

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH INDUSTRI PERTANIAN DAN AGROWISATA

Pemberdayaan Kelompok Tani Melalui Sistem Pertanian Organik serta Pengembangkan Agrowisata Berbasis Usahatani Terpadu untuk Meningkatkan Pendapatan dan Kesejahteraan Petani yang Berkelanjutan Menuju Bonus Demografi 2020”



National Essay Competition
Festival UNIDA

OLEH :

Purwo Hadi Santoso NIM: 35.2014.42.10.09
                              
PROGRAM STUDI MANAJEMEN BISNIS
FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
2016

ABSTRAK
            Bonus demografi merupakan fenomena tentang kependudukan yang cukup menarik untuk kita kaji dan tela’ah pada saat ini. Dikarnakan pada tahun 2020–2030 indonesia akan dihadiahi oleh bonus demografi ini. Bonus demografi akan memberi peluang besar kepada Indonesia untuk mengubah masa depan Indonesia untuk menjadi lebih baik. Oleh karena itu penulis mencoba membahas fenomena demografi dan menawarkan strategi dalam mengoptimalisasikan bonus demografi untuk meningkatkan pendapatan dan kesehjateraan petani yang berkelanjutan. Strategi itu melipputi beberapa aspek, diantaranya adalah dengan mendirikan klompok tani dengan system pertanian organik serta mengembangkan agrowisata berbasis usahatani terpadu untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani yang berkelanjutan.

I.                   PENDAHULUAN
     A. Latar Belakang
Pada tahun 2020 hingga kurang lebih pada tahun 2030 Negara Indonesia akan di hadiahi Bonus Demografi. Yang dimaksud dengan Bonus Demografi ialah dimana suatu Negara memiliki jumlah penduduk yang usia produktifnya melimpah, yaitu sekitar 2/3 dari jumlah penduduk keseluruhan. Bonus Demogafi dapat dilihat dengan parameter Dependency Ratio (angka beban ketergantungan) yang cukup rendah. Dari sini berarti bahwa disetiap 100 penduduk usia produktif yang berumur 15-64 hanya menanggung sekitar 44 penduduk tidak produktif. Hal ini didukung dengan Data Badan Pusat Statistik (PBS) Indonesia tahun 2010 yang menunjukan angka beban ketergantungan Indonesia sebesar 50,5. Sementara pada tahun 2015 angka beban ketergantungan memiliki angka yang jauh lebih kecil yaitu 48,6. Angka beban ketergantungan ini akan semakin menurun lagi pada tahun 2020 hingga 2030, yang akan membuahkan bonus demografi untuk Negara Indonesia.
            Tidak dapat dipungkiri lagi bahawa salah satu aspek yang mempengaruhi terjadinya bonus demografi adalah kesuksesan pemerintah dalam menekan angka kelahiran melewati program keluarga berencana (KB). Dikarnakan tingkat fertilitas yang tinggi berdampak pada penduduk klompok umur 0-15 terkendali dan tidak melonjak tinggi atau semakin meningkat. Dan dapat dipastikan pada tahun 2020-2030, struktur penduduk klompok umur produktif jauh lebih tinggi daripada klompok yang berumur tidak atau kurang produktif. Bila kita melihat dari karateristik kependudukan melalui piramida penduduk, maka piramida akan berbentuk besar dibagian tengah, dengan dasar piramida lebih kecil. Bagian tengah piramida yang membesar memberi maksud bahwa waktu yang lalu telah terjadi jumlah kelahiran yang cukup besar, yang berbanding terbalik dengan tingkat kematian bayi yang menurun, sehingga jumlah bayi yang lahir dan tetap hidup sampai usia dewasa lebih banyak dari jumlah yang sebelumnya.

B. Tujuan
          Tujuan dari pembuatan paper ini sesuai dengan judul di atas yaitu, untuk meningkatkan pendapatan dan kesehjateraan masyarakat yang berkelanjutan dengan system peranian organic yang dipadukan dengan pengembangan agrowisata berbasis usaha tani terpadu, tujuan khususnya agar meningkatkan pendapatan petani dan tujuan umumnya adalah untuk membantu Indonesia bangkit dari keterpurukan ekonomi yang ada.

II.  PEMBAHASAN
A.    Optimasi potensi lokal
                 Bonus demografi yang diperkirakan akan datang pada tahun 2020 sampai tahun 2030, menjadi jendela peluang besar bagi Negara kita, (Indonesia) untuk memperbaiki dan meningkatkan perekonomian Indonesia khususnya di bidang pertanian. Sebagai salah satu usaha kita dan pemerintah yang harus dilakukan untuk menyongsong bonus demografi adalah dengan opimasi potensi lokal, yang dimaksud dengan optimasi potensi lokal adalah dengan memenfatkan segala apa yang ada di Negara kita semaksimal mungkin, dari segi sumber daya alamnya yang berarti pemerintah harus memprioritaskan hasil produksi Negara sendiri untuk mencukupi kebutuhan masyarakat dan secara tidak langsung pemerintah harus mengurang barang luar yang masuk ke dalam negri atau mengurangi impor barang. Disini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa pemerintah harus menekan jumlah barang impor dan tidak or selama Negara kita sendiri masih bisa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum, serta harus mendukung masyrakat khususnya di bidang pertanian, dengan memberi bantuan yang adapt menujang hasil pertanian, seperti halnya yang dijanjikan oleh pemerintah yang akan memberi bantuan berupa traktor atau alat pembajak sawah yang rencana akan di distribusikan di daerah ponorogo. Dengan demikian para petani akan merasa dipentingkan dan dipedulikan oleh pemerintah.
                 Denga mengoptimalkan segala sumber daya yang ada di negaa kita maka, secara tidak langsung kita akan membutuhkan tenaga kerja atau penduduk yang berusia produktif untuk berusaha dan membantu pemerintah dalam mengoptimalisasikan potensi lokal atau memanfaatkan segala yang ada pada negara kita secara maksimal. Dan pemerintah tidak harus pusing untuk mencari tenagakerja yang produktif, karena penduduk Negara ini memiliki penduduk yang produktif dan siap kerja jauh lebih banyak dibandingkan dibandingkan penduduk yang tidak siap kerja atau non produktif, ini semua dikarnakan keberhasilan pemeintah dalam menerapkan progam keluaga berencana (KB). Dan di perkirakan pada tahun 2020 sampai dengan tahun 2030 jumlah penduduk berusia produktif yang umurnya 15-64 akan jauh lebih banyak di bandingkan yang non produktif. Oleh karena itulah kita harus mengoptimasi potensi lokal sebagai wujud kita dalam menyongsong bonus demografi yang akan diperoleh Negara ini pada tahun 2020 sampai dengan 2030, yang akan datang. Dan perlu kita ketahui juga bahwa jika pemerintah tidak memiliki kesiapan dengan program kerja yang baru untuk menyongsong bonus demografi yang akan Negara ini dapatkan, maka yang notabenya bonus demografi itu menguntungkan untuk suatu Negara bisa menjadi terbalik dan merugikan Negara dan dapat mengakibatkan perekonomian di Negara tersebut memburuak. Itu semua dikarnakan Negara tersebuat tidak siap untk menghadapi bonus demografi yang ada.  Oleh karena itulah kita sebaga warga Negara Indonesia harus membantu pemerintah untuk menyiapkan bekal dalam menyongsong bonus demografi, salah satunya yang bisa kita lakukan adalah memberi masukan dan ide konsep yang dapat membantu menyiapkan bekal dalam menghadapi bonus demografi tersebuta, salahsatunya seperti ide di atasa “optimasi potensi lokal” dan selain itu juga masih banyak ide yang dapat kiat sampaikan dengan berbagai cara yang ada. Untuk membantu pemerintah dalam menyongsong bonus demografi yang akan di hadiahkan pada Negara kita.

B.     Sistem Pertanian Organik
                 Langkah utama yang harus kita lakukan guna menciptakan system pertanian yang selalu profit ataupun memiliki keuntungan yang berkelanjutan, adalah dengan cara menciptakan atau mendirikan sebuah pertanian yang ramah lingkungan dengan system pertanian organaik.
                 System pertanian organic ialah sebuah cara mengelola dan melestarikan tanaman dengan cara mengguanakan pupuk yang alami bukan dengan mngguanakan pupuk kimiawi. Dengan menggunakan pupuk dan pengelolahan tanaman yang alami maka hasil dan dampak dari tanaman tersebut akan positiv, tidak membahayakan bagi pengoumsi hasil dari tanaman tersebut. Selain itu juga dampak dari pengeloaan tanaman secara organic akan mengakibatkan tanaman menjadi lebih sehat dan dapat bertahan lama.

C.     Pengembangkan Agrowisata Berbasis Usahatani Terpadu
                 Setelah terbentuknya system pertanian organic yang bedampak pada hasil yang lebih alami dan sehat, maka langkah selanjutnya adalah mendirikan dan mengembangkan agrowisata berbasis usahatani terpadu. Yang perlu kita lakukan disini adalah mendirikan klompoktani ataupun mengumpulkan beberapa petani untuk memulai bertani ataupun bercocock tanam dengan menggunakan system pertanian organic, dan disini kita arahkan untuk mendirikan sejenis dengan perkebunan buah-buaahn ataupun yang lainya, dengan pengelolaan yang rapi dan alami yang bertujuan untuk menciptakan sebuah tempat wisata yang berbasis tanaman ataupuan perkebunan/agrowisata. Seperti perkebunan apel di malang. Dengan pengelolaan pertanian yang berbasis organic maka akan tercipta hasil yang lebih alami, sehat dan ramah terhadap lingkungan.
                 Dengan didirikanya system pertanian organic dan agrowisata maka kita akan menarik para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati tanaman yang kita kelola secara rapid an alami. Dengan adanya para wisatawan maka ini menjadi sebuah keuntungan yang menghasilkan profit yang berkelanjutan bagi para petani karena sejatinya para wisata tidak akan pernah surut.
Dan dari sinilalah Pendapatan dan Kesejahteraan Petani yang Berkelanjutan akan kita dapatkan. Ini dapat menjadi salahsatu jalan bagi negara kita untuk menyongsonng bonus demografi yang akan didapatkan pada tahun 2020 sampai dengan 2030 nanti.

D.    Jenis Agrotani Wisata yang Dapat Didirikan
Dari pemaparan diatas kita dapat mendirikan agrotaniwisata yang dapat memiliki keuntungan dan meningkatkan pendapatan serta perekonomian masyarakat secara umum dan membantu Indonesia dalam bangit dari keterpurioan perekonomian. Tetapi tidak hanya pertanian yang bias menjadi solusi agrotani wisata, tetapi ini dapat kita padukan dengan peternakan hewan yang dapat menunjang suksesnya agrotani wisata yang kita dirikan. Untuk contoh dari agrotani wisata yang dapat kita dirikan seperti mengelola perkebunan yang dipadukan dengan kolam ikan di perkebunan tersebut dan ini disediakan untuk para wisatawan yang ingin menikmati dan menyantap ikan bakar di area perkebunan tersebut. Ini pula dapat menjadi lapangan dan lahan binis yang sangat menjanjikan karena dipadukan dengan agrotani wisata yang memiliki pengunjung tetap dari wisatawan yang ada.
            Adapun beberapa jenis agrotani wisata yang mudah didirikan adalah seperti perkebunan apel yang identic dengan wisata petik buah aple, sama halnya dengan perkebunan wisata pitik buah strowbery, dan yang belum pernah ada dan yang dapat kita coba adalah agrowisata padi yang ditanam dengan rapi dan di padukan dengan pohon-pohon di sekelilingnya serta dibuat di area seitar sawah tersebut kolam yang bertujuan untuk menunjang  para wisatawan yang ingin menyantap ikan bakar dengan nauansa yang serbeda.

E.     Aspek Penting Dalam Pengelolaan SDM
            Adapun untuk kesuksesan terwujudnya ini semua kita harrus melihat pada sumber daya manusia yang ada, apakah mereka sudah bias meakukan itu semua ataupun belum. Sebaga otak untuk mewujudkan tujuan ini maka kita harus mengadakan pelatihan yang berkaitan dnegan menambah wawasan serta ilmu guna mewujudkan apa yang kita maksud. Disini juga kita akan menyamakan presepsi antara petani yang ada yang akan kita bina dan mengorganisasi mereka untuk kita bina dan kia bombing guna meningkatkan pendapatan para petani dan menjadikan ini sebaga tempat binis yang menghasilkan profit secara berkelanjutan
Setelah terwujudnya SDM yang memadai sesuai dengan apa yang kita inginkan dari hasil pelatihan yang kita adakan, barulah kita menginjak tahap selanjutnya yaitu mengorganisasi meraka dan mendirikan kelompok tani yang akan kita bina guna menciptakan masyarakat yang sejahtera.

F.      Aspek Penting Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam
            Pada bagian ini kita diharuskan bias untuk memanfaatkan sumberdaya alam secara maksimal tanpa harus untuk menyertakan segala yang berbau kimiawi, agar tanaman organic yang kita tanam tetap asli dan alami. Dan memilik kunggulan tersendiri. Oleh karena itu dalam pengelolaan sumber daya alam yang ada kita harusmemiliki prinsip dalam pengelolaan sumber daya alam agar tetap lestari.
Adapun contoh konsep pelestarian tanaman yang akan menjadi kunci utama kita dalam membangun pertanian yang berbasis agrowisata diantaranya adalah:

  1. Konsep menggunakan pupuk alami ataupun organic.
Penggunaan pupuk alami ataupun organia merupakan ide dan pilihan yang sangat tepat dalam membangun pertanian yang berbasis agrowisata. Karena dengan cara dan penerapan konsep pupuk alami ataupun organic maka tanah yang menjadi lahan pekebunan ataupun pertanian tetap sehat. Tidak sama halnya ketika kita menggunakan pupuk kimiawi yang akan menjadikan tanah tidak produktif dan tidak sehat lagi, kandungan mineral serta zat-zat yang ada pada pupuk organic, sangat cocok untuk menjadikan tanah lebih gembur dan lebih subur, dan kandungan zat tersebut tidak mengandung bahan kimiawi sehingga sangat aman dan ramah lingukngan, selain itu juga hasil dari pertanian tersebut akan menjadi lebih baik dan menyehatkan bagi lingkungan dan manusia itu sendiri. Oleh karenanya, kesuburan tanah yang dipupuk oleh pupuk organic tidak akan mudah hilang, ini disebabkan pergantian ataupun regenerasi yang selalu tejadi oleh jasad hidup yang tergantung pada pupuk tersebut. Berbeda dengan pupuk kimiawi yang tidak dapat diuraikan oleh jasad renik yang ada didalam tanah, sehingga dalam jangka waktu yang lama akan mengendap dan mengendap dan merusak sari pati tanah.

  1. Konsep pengguanaan pestisisda sesuai kebutuhan
Didalam industri petanian khususnya untuk agrowisata, penggunaan pestisida merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan, karena untuk mencegah serangan hama penyakit. Tetapi guna mendukung kelestarian sumberdaya alam yang menjadi kunci dari agrowisata maka pestisida yang digunakan harus sesuai takaran dan kebutuhan, tidak berlebihan. Ini dilakukan agar residu yang dihasilkan tidak begitu banyak dan mengendap. Karena bila residu yang mengndap terlalu banyak pada satu tempat, dapat mempengaruhi kesuburan tanah dan menjadikan tanah tidak produktif kembai, serta mengakibatkan penurunan kualitas pada tanaman yang ada, karena terlalu banyak mengandung bahan kimia.

  1. Konsep pelestarian tanah datar, miring dan perbukitan
Upaya untuk melestarikan tanah yang ada kita dapat menerapkan beberapa system, diantaranya adalah dengan menggalakan kegiatan menanam pohon atapupun penghijauan kembali reboisasi terhadap tanah yang semula gundul.
Untuk daerah yang posisi tanahnya miring ataupun perbukitan, perlu dibangun tasering dan penanaman pohon di sekitarnya agar terhindar dai tanah longsor yang biasa terjadi di daerah pebukitan ataupun pada tanah miring.

  1. Konsep pelestarian udara
Udara merupakan unsur utama dari sebuah kehidupan, karena setiap organisme bernafas harus menggunakan udara, oleh karena itulah udara merupakan unsur vital bagi kehidupan. Untuk konsep pelestarian udara ini upaya yang dapat kita lakukan untuk menjadikan udara tetap sehat dan bersih diantaranya yaitu:
·         Mengupayakan pengurangan emisi atau pembuangan gas sisa pembakaan, baik pembakaran hutan maupun pembakaran mesin. Karena asap hasil dari setiap pembakaran merupakan penyebab terbesar dai pencemaran udara, yang sering terjadi diperkotaan ataupun kawasan industry seperti Jakarta, Surabaya dan masihbanyak lainya. Salah satu cara pengurangan emisi gas bebahaya di udara adalah dengan mengguanakan bahan industry yang aman bagi lingkungan, serta pemasangan filter pada corobong asap setiap pabrik. Denngan demikian udara kotor akan menurun dan berkurang.
·         Dengan menggadakan gala tanam pohon ataupun anaman hias disekita kita, karena tanaman dapat menyerap gas-gas yang bebahaya bagi manusia, serta mampu memproduksi oksigen melalui proses fotosintesis yang terjadi, selain itu tumbuhan juga meneluarkan uap air yang menjadikan kelembaban udara tetap terjaga.
  1. Konsep pelestarian hutan
Pengerukan kekayaan alam (eksploitasi) yang trus terjadi di Indonesia telah berlangsung sejak dahulu hingga sekarang, seperti halnya perusahaan freport yang terletak di papua, telah di eksploitasi sejak dahulu oleh bangsa barat khususnya amerika, eksploitasi yang terjadi tanpa perbaikan terhadap lingkungan sekitar mengakibatkan kawasan hutan tersebut rusak berat. Maka olehkarenanya kita harus melestarikan hutan diantaranya dengan cara sebagai berikut:
·         Reboisasi
·         Mencegah dan melarang penebangan hutan yang berlebihan
·         Menerapkan cara tebang dan tanam terhadap hutan
·         Melakukan regenerasi tanaman dan perawatan alam
·         Serta menetapkan sanksi seberat-beratnya bagi pelaku elegaloging

  1. Konsep pelestarian flora dan fauna
Kehidupan di dunia merupakan kehidupan yang saling ada keterkaitan dan saling membutuhkan antar satu dengan yang lainya, antar manusia, tumbuhan dan hewan serta alam sekitar. Itu dikarnakan setiap mkhluk tidak dapat hidup sendiri tanpa mhkluk lain. Olehkarnanya kelestarian flora dan fauna menjadi suatu yang mutlak yang harus diperhatikan guna keberlangsungan hidup manusia, beberapa cara yang dapat kita lakukan guna pelestarian alam adalah membangun cagar alam dan suaka margasatwa.

  1. Konsep pelestarian laut dan pantai
Kerusakan biota laut dan pantai yang terjadi di negara kita yang disebabkan oleh tangan yang tak bertanggaung jawab, mengharuskan kita, sebagai pemuda Indonesia untuk melestarikan dan menjaga biota laut dan pantai dengan lebih segnifikan, diantara beberapa cara yang harus kita lakukan diantaranya yaitu:
·         Mengadakan reklamisasi pantai dengan cara memperbaharui tanaman bakau di area pantai
·         Membuat perraturan untuk pelarrangan pengambilan biota laut yang berlebihan.
·         Serta melaang menggunakan bahan yang tidak ramah lingkungan ketika mencari ikan.


III. PENUTUP
      
A.    Ksimpulan
                 Dari apa yang kami paparkan diatas dapat disimpulkan, bahwa dalam menyongsong bonus demografi yang akan Indonesia dapatkan pada tahun 2020 hinggga 2030. Kita memerlukan cara dan system guna memanfatkan apa yang akan terjadi pada tahaun 2020 hingga 2030, salah satunya adalah dengan sestem pertanian yang berbasis agrowisata guan meningkatkan pendapatan dan sesejahteraan yang berkelanjutan.

B.     Saran
                 Dengan apa yang telah kami paparkan diatas kami berharap ini dapat memberi semangat bagi para masyarakat pada umumnya, untuk mempersiapkan diri dalam menyongsong bonus demografi yang akan Indonesia dapatkan. Karena sedikit dari masyarakat khususnya petani yang mengetahui informasi tentang bonus demografi. Oleh karena itu kami menulis ini agar bermanfaat bagi petani kuhususnya dan bermanfaat bagi masyarakat mumnya.

C.    Referensi
1.      https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,ssl&ei=W4LAVuP8FYP_ugTwm5yABw#q=dampak+bonus+demografi+pdf






BIODATA

  1. Nama: Purwo Hadi Santoso
  2. Alamat: Ds. Mekar Jaya Kec. Kampar Kiri Tengah Kab. Kampar Prov. Riau
  3. TTL: Blora, 18 , Mei 1994
  4. Kampus Asal: Manajemen Bisnis UNIDA
  5. Fakultas/PRODI: FEM/ Manajemen
  6. No Hp: 085235761042



                

 
             



0 comments:

Post a Comment