Saturday 12 March 2016

PENTINGNYA MANAJEMEN OPRASIONAL DALAM SUATU PERUSAHAAN

Abstrak

Sekarang ini mungkin masih banyak orang yang bertanya – tanya untuk apa sebenarnya mempelajari manajemen operasi itu? Tentu ada beberapa alasan yang bisa menjadi dasar mengapa kita perlu belajar manajemen operasi, diantaranya adalah Manajemen Operasi memberikan cara pandang yang sistematik dalam melihat proses-proses dalam organisasi. Jika hal ini sudah menjadi isu biasa dalam industri manufaktur, tidak demikian dalam industri jasa. Pemahaman tentang bagaimana mengelola operasi dengan pendekatan modern ini akan memudahkan kita menganalisis dan memperbaiki sistem dalam perusahaan atau organisasi. Konsep dan tools dalam manajemen operasi pada dasarnya dapat dan banyak diterapkan pada fungsi manajemen yang lain. mengapa demikian? karena setiap fungsi manajemen juga melibatkan proses dalam pekerjaannya. Bidang manajemen operasi pun belakangan ini menawarkan karir yang cukup menantang seperti fungsi manajemen lainnya. Di banyak perusahaan sudah biasa kita jumpai jabatan manajer operasi, bahkan sampai direktur operasi. Terakhir, dalam pendidikan bisnis, manajemen operasi memang sudah menjadi 1 pilar yang wajib diajarkan kepada mahasiswa. Terkait dengan poin 3, maka banyak sekali para recruiters mencari lulusan perguruan tinggi yang sudah memiliki cukup pengetahuan seputar manajemen operasi.


Mengapa harus ada menanajemen oprasi?

Perkembangan industri yang semakin pesat saat ini, membuat persaingan semakin ketat antar perusahaan yang ada di dunia. Segala upaya dilakukan untuk menjadi yang terbaik. Manajemen yang baik menjadi kunci kesuksesan dunia industri saat ini baik itu manajemen produksi, pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan. Manajemen operasi merupakan satu fungsi manajemen yang sangat penting bagi sebuah organisasi atau perusahaan. Bidang ini berkembang sangat pesat terutama dengan lahirnya inovasi dan teknologi baru yang diterapkan dalam praktik bisnis. Oleh karena itu banyak perusahaan yang sudah melirik dan menjadikan aspek-aspek dalam manajemen operasi sebagai salah satu senjata strategis untuk bersaing dan mengungguli kompetitornya. Dalam kewirausahaan, manajemen operasi pun diperlukan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan perubahan atau inovasi produk untuk menjadi lebih baik lagi. Seiring perkembangan industri yang semakin maju perusahaan juga dituntut untuk memberikan kualitas yang terbaik baik dalam produk maupun jasa yang dihasilkan tetapi tidak melupakan dampak lingkungan yang terjadi dari segala aktivitas perusahaan.

Dengan demikian betapa pentingnya manajemen opreasi di dalam suatu perusahaan, tampa adanya manajemen oprasi mungkin suatu perusahaan tidak bisa setabil karena majamen oprasi adalah salah satu dari 3 aspek penting dalam perusahaan, perusahaan memasarkan,memproduksi dan mengatur keuangan, jika aspek pengaturan oprasi produksi di tiadakan maka keseimbangan perusahaan akan goyang bahkan perusahaan itu akan hancur,
Karena manajemen oprasi adalah pengendali bagaimana jalannya oprasinal dan produksi suatu perusahaan, maka manajemen oprasi sangan penting dan sangat di butuhkan, apalagi proses produksi adalah bagian yang paling banyak menghabiskan biaya, maka keseimbangan perusahaan benar-benar berada di tangan manajemen oprasi.

Jadi manajemen oprasi bukan hanya mengendalikan produksi tapi juga mengatur pembengkakan biaya dan penyeimbang perusahaan.

0 comments:

Post a Comment