Pada
bagian kelima ini saya akan melanjutkan tulisan saya dengan topik komputerisasi
minimarket. .
Apakah
komputerisasi minimarket mandiri perlu dan wajib? jawabannya adalah bukan suatu
keharusan namun akan sangat memberikan manfaat apabila kita melakukannya.
Komputerisasi yang saya maksudkan disini adalah stocking, tracking, pelaporan
untung dan rugi, transaksi penjualan dan pembelian dengan menggunakan program
point of sales (POS). Kita bisa saja melakukan semua kegiatan diatas secara
manual. Namun pertanyaannya adalah, bagaimana kalau seandainya minimarket
mandiri kita semakin berkembang dan stok barang semakin banyak? bagaimanakah
cara efektif untuk melakukan semuanya? apakah dengan pencatatan manual akan
menjamin laporan-laporan yang kita siapkan memberikan data akurat yang bisa
menggambarkan keadaan minimarket kita sesungguhnya? apakah dengan cara manual
kita bisa melakukan rekap berapa sebenarnya keuntungan atau bahkan kerugian
kita dalam periode waktu tertentu? Apakah dengan cara manual kita bisa
melakukan tracking penjualan setiap harinya? apakah dengan cara manual kita
bisa melakukan deteksi kealpaan (saya tidak mau menyebut kecurangan) di meja
kasir? dan beberapa pertanyaan lainnya. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di
atas saya serahkan ke anda masing-masing.
Seandainya
jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas adalah kita tidak bisa melakukan
dengan secara cepat dan akurat dengan cara manual, maka solusinya tidak lain
dan tidak bukan adalah kita harus melakukan program komputerisasi di minimarket
mandiri kita. Sekali lagi yang perlu ingat, minimarket yang kita dirikan ini
adalah minimarket mandiri, bukan franchise. Dengan demikian segala sesuatu yang
terkait dengan semua operasional minimarket, kita lah yang harus sediakan dan
persiapkan, termasuk hal yang terkait dengan program komputerisasi ini.
Tahapan
awal dari program komputerisasi tentu saja mencari vendor-vendor pembuat
program POS, kemudian membandingkan dari sisi harga, teknis, kemampuan program
POS yang kita inginkan, service after sales-nya seandainya kita mempunyai
masalah. Bukan bermaksud promosi, saya bisa merekomendasikan salah satu vendor
pembuat program POS yang mungkin bisa anda pertimbangkan untuk anda pilih,
namanya PT MKT, alamatnya di Jalan Kaliurang KM9, Jogja. Saya sudah menjadi
pelanggan mereka dari awal berdiri minimarket saya sampai saat sekarang ini,
dan saya menggunakan produk program POS windows based dari mereka Setelah kita
bisa memilih vendor dan menentukan program POS apa yang ingin kita gunakan,
tahap berikutnya tentu saja menyediakan komputer, printer, dan barcode
reader-nya. Supaya tidak ribet, menurut hemat saya lebih baik sekalian kita
membeli satu paket melalui vendor yang kita pilih tadi. Maksud satu paket
disini adalah membeli program POS, komputer, printer, dan barcode reader dari
satu vendor. Bagaimana spesifikasi hadware diatas, bisa kita konsultasikan
dengan vendor tersebut dan tentu saja disesuaikan dengan dana yang kita
punya/siapkan untuk melakukan program komputerisasi ini.
Setelah
semua siap, program POS sudah terpasang di komputer dan kita sudah bisa
mengoperasikan (biasanya vendor akan menawarkan pelatihan gratis sesaat setelah
kita membeli program POS dari vendor tersebut), langkah selanjutnya adalah
memasukkan data-data item-item atau barang-barang yang ada di minimarket kita
ke dalam program POS tadi. Masing-masing program POS mempunyai Graphic User
Interface (GUI) sendiri-sendiri. Namun biasanya hal umum yang bisa dijumpai di
semua program POS adalah adanya menu untuk memasukkan item/barang, menu untuk
penjualan, rekap dan pelaporan. Saya sarankan anda turun langsung dan mencoba
sendiri memasukkan item-item tersebut dengan program POS yang baru anda pasang,
karena dengan begitu pada nantinya anda bisa melatih karyawan-karyawan anda
sendiri dan tentu saja anda akan menjadi lebih tahu seluk beluk program POS
yang anda pasang, untuk menghindari kealpaan-kealpaan yang mungkin terjadi setelah
minimarket anda benar-benar secara penuh mengimplementasikan dan beroperasi
dengan program POS tersebut. Pengalaman saya pada saat untuk melakukan
inventarisasi dan memasukkan data-data item atau barang yang ada di minimarket
butuh waktu kurang lebih sebulan penuh sampai benar-benar semua data masuk ke
dalam program POS dengan menggunakan tenaga 2 orang full time khusus untuk
melakukan input data. Namun tentu saja durasi waktu dan berapa jumlah tenaga
yang diperlukan untuk melakukan hal tersebut diatas tergantung dengan jumlah
item atau barang yang ada di minimarket kita masing-masing.
Ada
beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan memasang dan menggunakan
program POS di minimarket kita. Selain pencatatan transaksi dan laporan yang
lebih akurat, dari sisi konsumen juga akan lebih merasa nyaman berbelanja di
tempat kita, karena mereka akan mendapatkan kepastian harga dan struk pembelian
yang pasti. Dari sisi kita, kebanggaan akan kita dapatkan, karena kita bisa
memberikan pelayanan kepada pembeli dibarengi dengan teknologi. Bisa jadi nanti
dari mulut ke mulut, satu pembeli ke pembeli berikutnya, akan berkembang
informasi bahwa berbelanja di minimarket kita terasa nyaman, karena semua serba
terdata di komputer.
Selain
program POS, hal lainnya yang tidak kalah penting yang bisa kita pertimbangkan
untuk dipasang di minimarket kita adalah memasang perangkat CCTV. Namun tentu
saja urgensinya disesuaikan dengan kondisi minimarket dan lingkungan di sekitar
minimarket kita masing-masing. Banyak vendor yang menawarkan program pemasangan
CCTV dan kita tinggal memilih mana yang kira-kira cocok dengan kondisi dan
keperluan kita. Dengan maraknya pemberitaan tentang tindak kejahatan yang
menimpa minimarket-minimarket, tidak ada salahnya kita memasang perangkat CCTV
ini. Berapa jumlah kamera CCTV yang akan kita pasang, bisa kita sesuaikan
dengan seberapa luas bangunan minimarket tadi. Menurut hemat saya kamera-kamera
CCTV yang kita pasang sebisa mungkin meng-cover semua isi ruangan minimarket,
bagian depan, tengah, belakang, bagian kasir, pintu masuk, dan halaman
luar/parkir minimarket. Dengan memasang perangkat CCTV secara psikologis akan
memberikan jaminan keamanan kepada pembeli untuk berbelanja di minimarket kita,
selain itu memberikan terapi kejut kepada orang-orang yang mempunyai pikiran
jahat untuk berpikir ulang seribu kali untuk melakukan tindak kejahatan di
minimarket kita tadi.
UNTUK EDISI SELANJUTNYA SILAHKAN KLIK LINK INI:http://librayoffice.blogspot.co.id/2016/02/cara-memulai-mendirikan-sebuah_6.html
UNTUK EDISI SELANJUTNYA SILAHKAN KLIK LINK INI:http://librayoffice.blogspot.co.id/2016/02/cara-memulai-mendirikan-sebuah_6.html
0 comments:
Post a Comment